https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 RANAH PESISIR | Pratama | Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya

KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 RANAH PESISIR

Raga Suganda Pratama, Afnita Afnita

Abstract


Abstrak: Tujuan dilakukannnya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks berita. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu keterampilan membaca pemahaman teks berita dan keterampilan menulis teks berita. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dalam mendeskripsikan hasil penelitian. Data penelitian ini berupa hasil skor nilai keterampilan membaca pemahaman dan skor nilai hasil keterampilan menulis teks berita yang diolah menggunakan pengolahan statistik. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks berita memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan meulis teks berita. Dari  penelitian ini disimpulkan bahawa hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa barada pada nilai yang baik, dan hasil menulis teks berita juga berada pada nilai yang baik. Jika keterampilan membaca pemahaman meningkat, maka keterampilan menulis teks berita juga akan meningkat secara otomatis.

Kata kunci: korelasi, membaca pemahaman, teks berita.


Full Text:

PDF

References


Agustina. 2008. “Pembelajaran Keterampilan Membaca”.(Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Edisi Revisi V. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Puspita, Afnita. 2019. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keteramppilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 7 PADANG”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 8 No. 2 Juni 2019; Seri A 59-65. (Diunduh pada tanggal 26 Februari 2020).

Fano, Bimma Geo, Afnita. 2019. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 18 PADANG”.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 8 No. 1 Maret 2019; Seri A 39-45. ( Diunduh pada tanggal 20 Februari 2020).

Hidayatullah, Fitri, Ermawati Arif, Yulianti Rasyid. 2018. “KoreasiKeterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar”.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7 No. 4 Desember 2018. (Diunduh pada tanggal 25 Februari 2020).

Khotimah, Sari Husnul, Andria Catri Tamsin, dan Yulianti Rasyid. 2018. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahamandengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7 No. 3 September 2018; Seri E 333-338. (Diunduh pada tanggal 4 maret 2020).

Kurniawati Rikke. 2012. “Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya”. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012. (Diunduh pada tanggal 4 Maret 2020).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.